5 Langkah Membuat Artikel Yang Berkualitas Ala Bikinartikel.ID

2 min read

Banyak yang bingung untuk membuat artikel harus dimulai dari mana dan bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar. Menulis tidak hanya sekedar menulis, namun harus juga memperhatikan tata cara menulis yang benar.

Menulis artikel tidaklah sulit jika langkah-langkah atau pola membuat artikel sudah kita pahami. Berikut ini langkah-langkah membuat artikel yang baik dan benar:

1. Membuat Judul Yang Baik Dan Menarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan judul. Judul dibuat terlebih dahulu supaya pembahasan artikel lebih terarah dan tidak lepas dari fokus yang akan dibahas. Berikut ini tips membuat judul :

  • Mewakili isi. Buatlah judul yang singkat namun mampu menggambarkan isi keseluruhan artikel.
  • Mengandung kata kunci. Jika kamu membuat artikel SEO, maka kamu harus menyisipkan keyword atau kata kunci dalam judul.
  • Membuat penasaran. Buat judul yang membuat penasaran agar banyak yang tertarik membaca artikel yang kita buat. Ketika membaca judul yang mampu membuat penasaran, biasanya orang akan merasa menyesal jika tidak mengetahui informasi keseluruhan.

Contoh judul artikel : 7 Artis Paling Cantik Di Tahun 2018, Nomor 3 Paling Parah !

Dari judul tersebut, kita telah menyisipkan kata kunci “Artis Paling Cantik” untuk memenuhi kebutuhan SEO. Kata “Nomor 3 Paling Parah” digunakan untuk membuat pembaca lebih penasaran. Kadang pembaca justru hanya penasaran dengan artis nomor 3 saja.

2. Membuat Kerangka Artikel & Menentukan Fokus Pembahasan

Setelah menentukan judul artikel, kini saatnya kita membuat kerangka artikel. Kerangka artikel dapat berupa daftar heading dan subheading yang akan dipakai.

Dalam langkah ini, kamu harus menentukan fokus pembahasan agar pembahasan artikel tidak melebar. Tentukan apa yang akan dibahas dan buat daftar heading sebagai guide dalam menulis artikel.

Jika kerangka telah terbuat, Maka sampai tahap ini kita sudah bisa menilai apakah pembahasan artikel sudah kebutuhan pembaca belum. Dalam menentukan fokus pembahasan, pastikan mengetahui terlebih dahulu informasi apa yang pembaca butuhkan.

3. Mencari Materi Dari Berbagai Sumber

Jangan pernah membuat artikel hanya dengan satu sumber / referensi saja. Gunakan banyak sumber untuk dijadikan referensi, agar artikel yang kita hasilkan lebih kaya akan informasi.

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memberikan informasi lengkap kepada pembaca. Untuk menyajikan informasi yang lengkap tentu harus mengambil materi dari banyak sumber.

Dalam mengambil materi artikel dari berbagai sumber, kita tidak boleh copy paste. Cukup ambil informasi pentingnya saja untuk di olah kembali menjadi artikel baru.

Sebagai contoh jika sedang membuat artikel spesifikasi hp oppo F7, ambil yang penting saja seperti besar resolusi kameranya, kapasitas baterainya, kapasitas memorinya dan data-data lainnya.

4. Menulis Artikel

Mulailah menulis artikel dengan bahasa sendiri dan gunakan informasi yang telah diperoleh dari berbagai sumber. Informasi tersebut bisa dijadikan “bumbu” artikel agar artikel yang kita buat informatif bagi pembaca.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel. Berikut ini diantaranya :

  • Ejaan. Dalam menulis artikel, pastikan tidak ada kesalahan ejaan. Untuk mengecek ejaan bisa menggunakan proofing language di ms word, atau fitur periksa ejaan dalam browser chrome / firefox. Selain penyusunan kata, tanda baca dan makna kalimat juga termasuk dalam ejaan.
  • Penggunaan bahasa dan istilah. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua tingkatan umur dan golongan. Ini bertujuan agar artikel dapat dengan mudah dimengerti oleh semua pembaca. Jangan terlalu banyak menggunakan istilah, karena ini akan membuat pembaca kesulitan dalam memahami artikel.
  • Alur cerita atau ‘storyline’.  Membuat artikel seperti bercerita, alur cerita harus jelas sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami keseluruhan artikel. Untuk bisa membuat alur cerita yang bagus, dimulai dari membuat susunan kalimat yang benar. Pastikan juga kalimat satu dengan yang lain berhubungan.
  • Penekanan pada poin penting. Berikan penekanan pada kata atau kalimat penting dengan menggunakan bold atau underline. Hal ini penting untuk memberi tahu ke pembaca menemukan informasi penting dalam artikel.

5. Mengecek Kembali Artikel Yang Telah Dibuat

Setelah semuanya selesai, kini saatnya mengecek kembali artikel yang telah kita buat. Baca artikel dari awal sampai selesai dan pastikan artikel sudah baik dan benar.

Kesalahan yang sering dilakukan penulis adalah ejaan dan alur artikelnya. Untuk itu perlu dibaca kembali dengan memposisikan diri kita sebagai pembaca.

Selain cek ejaan, ada kalanya artikel juga dicek keunikannya menggunakan copyscape.com atau smallseotools.com. Ini untuk memastikan apakah artikel yang telah dibuat tidak plagiat dengan artikel orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *