Analisa Usaha Sosis Bakar Serba 2000, Untung Banyak Dengan Modal Minim

2 min read

Analisa Usaha Sosis Bakar Serba 2000

Ada banyak jenis olahan dari sosis salah satunya sosis bakar. Sosis bakar banyak disukai oleh anak-anak bahkan orang dewasa karena rasanya yang nikmat. Makanan ini ternyata juga bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan apalagi jika dijual dengan harga yang bersahabat. Sebelum memulai, sebaiknya lakukan analisa usaha sosis bakar serba 2000 telebih dahulu.

Rincian Modal Awal

Dalam tahapan analisa usaha sosis bakar serba 2000, maka perlu mengetahui pengeluaran atau modal awal yang akan digunakan untuk memulai usaha. Biaya-biaya yang dikeluarkan harus terinci dengan baik agar tidak ada kesalahan dalam perhitungan kedepannya. Berikut ini modal awal yang harus dipenuhi untuk memulai bisnis sosis bakar.

Peralatan:

  • Outlet mini atau gerobak = Rp 2.000.000
  • Tabung gas = Rp 150.000
  • Alat pemanggang sosis elektrik = Rp 500.000
  • Alat lain (pisau, kuas, toples, dll) = Rp 100.000

Total biaya untuk membeli peralatan = Rp 2.750.000

Estimasi Biaya Perbulan:

  • Sosis kecil dan besar = Rp 1.500.000
  • Bungkus sosis bakar = Rp 70.000
  • Gas = Rp 160.000
  • Bahan lain = Rp 80.000

Total pengeluaran per bulan = Rp 1.810.000

Menghitung Keuntungan

Motif utama orang menjalankan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan biasa diakumulasikan dalam periode tertentu seperti keuntungan per hari, per bulan dan per tahun. Pada kasus kali ini akan dibahas mengenai keuntungan bisnis sosis bakar perbulan.

Jika diasusmsikan penjual bisa menjual sosis kecil sebanyak 20 buah dalam sehari dengan harga Rp 2000, maka Rp 2.000 x 20 = Rp 40.000 per hari. Untuk satu bulan akan diperoleh keuntungan sebesar Rp 40.000 x 30 = Rp 1.200.000 per bulan.  Sedangkan jika bisa menjual 20 buah sosis besar dalam sehari dengan harga Rp 10.000 maka Rp 10.000 x 20 = Rp 100.000 per hari. Untuk satu bulan Rp 100.000 x 30 = Rp 3.000.000.

Jika kedua penghasilan tersebut dijumlahkan maka diperoleh laba kotor sebesar Rp 4.200.000 dalam satu bulan. Untuk mengetahui laba bersih atau keuntungan yang akan diperoleh selama satu bulan yaitu Rp 4.200.000 – Rp 1.810.000 = Rp 2.390.000. Jadi dalam satu bulan, penjual akan menghasilkan keuntungan bersih sebesar Rp 2.390.000.

Analisis SWOT

Analisis SWOT juga sangat penting dilakukan dalam Analisa usaha sosis bakar serba 2000. Hal ini bertujuan untuk mengetahuk kekuatan dan kelemahan bisnis yang dijalankan serta peluang dan ancaman yang dihadapi saat menjalankan bisnis ini. Keberhasilan dalam menganalisa hal-hal tersebut akan membawa bisnis yang dijalankan pada kesuksesan.

Yang menjadi kekuatan (strengths) utama pada bisnis ini adalah dari segi harga yang pas di kantong dan bahan-bahannya mudah diperoleh. Harga bahan baku yang tidak stabil serta sosis yang mudah basi jika tidak dibekukan menjadi kelemahannya (weaknesses). Sedangkan peluang (opportunities) dari bisnis ini adalah tidak membutuhkan tempat yang besar.

Selain itu, karena hampir semua kalangan menyukai sosis maka bisnis ini sangat pas untuk dijalankan khususnya di daerah dekat sekolah. Meskipun begitu, tetap saja ada ancaman (threats) yang harus dihadapi seperti persaingan sesama penjual. Bahan baku yang tidak laku juga bisa menjadi ancaman dan menimbulkan kerugian.

Resep Sosis Bakar

Membuat sosis bakar sebenarnya cukup praktis untuk dilakukan. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional ataupun swalayan. Membuatnya pun tidak perlu keahlian khusus. Nah berikut ini resep sosis bakar yang cocok untuk jualan.

Bahan-bahan:

  • Sosis besar atau kecil
  • Margarin
  • Saos sambal
  • Mayonnaise
  • Saos tomat
  • Kecap manis
  • Tusuk sate

Cara membuat:

  1. Pertama-tama menyiapkan bahan olesan untuk sosis. Campurkan kecap manis, saos sambal dan saos tomat dalam satu wadah dan aduk hingga rata.
  2. Ambil sosis yang sebelumnya sudah disiapkan dan buka plastik pembungkusnya. Tusuk semua sosis dengan tusuk sate yang ada sampai habis.
  3. Irislah sedikit permukaan sosis agar saat pembakaran bisa matang merata hingga bagian dalam sosis. Lumuri semua sosis yang sudah ditusuk dengan margarin hingga menutupi permukaan sosis.
  4. Nyalakan alat pemanggang dan pangganglah sosis hingga setengah matang. Ambil bahan olesan yang dibuat sebelumnya lalu lumuri ke semua permukaan sosis. Letakkan kembali di pemanggangan dan panggang hingga sosis matang sempurna.
  5. Tambahkan mayonnaise sebagai pelengkap dan sosis siap dinikmati.

Demikianlah ulasan mengenai analisa usaha sosis bakar serba 2000. Peluang usaha sosis ini sangat menggiurkan dan cukup menjanjikan untuk dilakukan. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar jika dibandingkan keuntungan yang diperoleh nantinya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *