Kekurangan Bisnis Rental Mobil Yang Harus Dipertimbangkan

2 min read

Pada dasarnya tidak ada bisnis yang berjalan mulus tanpa ada hambatan yang menyertainya. Sama halnya dengan bisnis di bidang rental mobil. Jika berniat terjun pada bidang ini sebagiknya mengetahui kekurangan bisnis rental mobil sehingga resiko yang mucul kemudian dapat diminimalkan.

Resiko Yang Dihadapi Dalam Usaha Penyewaan Mobil

Menjadi pengusaha yang cerdas dalam menjalankan bisnis, maka resiko-resiko pada usaha yang dijalankan harus diketahui. Resiko ini harus sudah bisa diidentifikasi sejak awal sehingga lebih mudah mencari solusinya. Berikut ini ulasan mengenai resiko yang dihadapi dalam usaha penyewaan mobil.

1. Resiko Kehilangan Sangat Besar

Rental mobil berarti membiarkan orang lain menggunakan mobil yang dimiliki dengan cara disewa. Dari pengertian ini sudah dapat dilihat resiko apa yang akan didapatkan oleh pihak penyewa. Meskipun kadang kala pihak yang menyewa meninggalkan tanda pengenal sebagai jaminan namun tetap saja harga tanda pengenal ini lebih murah dibanding mobil yang disewa.

Inilah yang menjadi kekurangan bisnis rental mobil. Jika penyewa tidak meninggalkan tanda pengenal yang jelas beserta data diri yang lengkap maka mobil yang disewa tersebut bisa saja dibawa pergi. Hal ini tentu saja sangat merugikan pihak penyewa, apalagi jika tidak ada uang muka yang menjadi kesepakatan antara dua pihak.

2. Kecelakaan Di Jalan

Kecelakaan kendaraan memang sudah diluar kemampuan, tidak ada yang bisa memprediksi kapan terjadinya. Dari sekian banyaknya factor yang bisa menyebabkan kecelakaan, sebagai pihak yang menyewakan mobil tetap harus melakukan antisipasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan kendaraan di jalan.

Sangat penting untuk menyewakan mobil yang memiliki performa yang baik. Pastikan bahwa mesin mobil, ban, rem, serta komponen mobil yang lain berfungsi dengan baik. Selain memastikan kondisi mobil, pihak penyewa juga harus diperhatikan. Pastikan orang yang menyewa sudah cukup umur dan memiliki SIM serta ingatkan untuk selalu berhati-hati.

3. Pihak Penyewa Tidak Membayar Sewa

Kekurangan bisnis rental mobil yang tentunya sangat merugikan adalah ketika pihak penyewa tidak membayar uang sewa mobil. Memang tidak semua pihak penyewa mobil melakukan hal tersebut namun ada saja yang melakukannya. Orang-orang seperti inilah yang harus diwaspadai agar tidak ada kerugian yang ditimbulkan.

Berlakukan sewa dibayar di muka dengan perjanjian yang jelas untuk setiap orang yang ingin menyewa mobil, bila perlu buat perjanjian di atas material. Selain itu periksa kelengkapan komponen mobil sebelum disewakan, jangan sampai mobil dikembalikan dengan keadaan yang tidak lengkap. Segera tarik kembali mobil jika penyewa menunjukkan perilaku tidak bertanggung jawab.

4. Tingkat Persaingan yang Tinggi

Banyaknya orang yang menjalankan bisnis rental mobil khususnya di kota-kota besar membuat persaingan pada bidang ini sangat tinggi. Orang berlomba-lomba membuat strategi untuk menarik pelanggan. Persaingan yang paling nyata adalah pemberlakuan harga sewa mobil dalam satu hari. Pengelola harus pandai mengambil peluang agar bisa turut serta dalam persaingan ini.

Dalam persaingan ini, jangan mudah terpancing dengan perang harga yang ditawarkan pihak pengelola lain. Harga haruslah berbanding lurus dengan kualitas mobil yang disewakan. Jika ingin menarik pelanggan, bermain dalam ranah pelayanan bisa menjadi solusi. Berikan pelayanan terbaik pada pelanggan serta maksimalkan promosi bisnis.

5. Bisnis Yang Dijalankan Tidak Laku

Bisnis yang dijalankan tidak laku memang menjadi kekurangan bisnis rental mobil yang harus dihadapi. Semua orang pasti menginginkan bisnisnya laku, namun kadang harapan tidak sesuai kenyataan. Hal ini biasa dialami oleh pebisnis yang baru dalam bidang ini. Kurangnya pengalaman dan strategi pemasaran dalam bisnis rental mobil membuat usahanya tidak dilirik orang.

Bisnis rental mobil tidak akan cukup bila hanya dijalankan dengan memajang barang lalu berharap pelanggan akan datang begitu saja. Usaha ini harus dijalankan dengan perencanaan yang matang serta memikirkan resiko-resiko yang mungkin dihadapi. Perencanaan yang sudah mantap akan meminimalisir resiko selama menjalankan bisnis.

Nah itulah ulasan mengenai kekurangan bisnis rental mobil. Sejatinya tidak ada usaha yang mudah untuk dijalankan. Akan ada resiko-resiko yang dihadapi dan bisa menghambat kelangsungan bisnis tersebut. Memulai bisnis memang mudah, namun mengelolah dan mempertahankan eksistensi bisnislah yang sulit. Diperlukan inovasi, ketekunan dan kesabaran agar bisnis bisa bertahan.

Inilah Kata-Kata Promosi Sekolah Madrasah Agar Bisa Menarik Minat…

Sebelum membahas mengenai kata-kata promosi sekolah, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui apa itu sekolah. Sekolah merupakan tempat bagi seorang anak untuk menimba ilmu, dengan...
admin
2 min read

Contoh Kata-Kata Promosi Paytren Yang Sangat Jitu

Sebelum membahas mengenai kata-kata promosi paytren, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari paytren. Paytren adalah sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari perangkat...
admin
2 min read

Ini Kelemahan Bisnis Paytren yang Wajib Diketahui

Dunia bisnis online saat ini memang sedang menjadi tren. Adanya internet dan smartphone yang makin menjamur menjadikan bisnis online ikut berkembang pesat. Salah satu...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *